Sabtu, 06 November 2010

Sejarah Chelsea


foto 

AP/Tom Hevezi
TEMPO Interaktif,London:Arsitek Chelsea Carlo Ancelotti mengatakan timnya terdorong oleh prospek membikin sejarah di Liga Champions setelah memastikan tiket babak 16 besar dengan menggebuk Spartak Moskow di kandangnya Stamford Bridge.

Dua gol dari Branislav Ivanovic ditambang satu gol masing-masing dikemas Nicolas Anelka dan Didier Drogba memuluskan langkah The Blues ke knockout di sisa dua pertandingan Grup F.

Ancelotti mengaku Chelsea bertekad mengubur hantu kekalahan di final Liga Champions 2008 dan tersisih dari semifinal di Barcelona pada 2009. Dilihat dari statistik belum ada tim asal London yang pernah memenangkan trofi Liga Champions. Peluang terbuka bagi skuad Roman Emperor untuk meretas jalan itu melihat laga final akan digelar di stadion keramat Wembley pada Mei tahun depan.

“Saya bukan orang Inggris. Namun saya bekerja buat Chelsea dan saya mempunyai perasaan khusus buat klub ini. Ketika ada babak final ada motivasi ekstra bagi semua orang, bukan hanya bagi para pemain Inggris. Saya harap,” kata Ancelotti, Kamis (4/11).

Chelsea menerima pil pahit tambahan ketika Didier Drogba diusir di final 2008 dan semifiunal 2009. Ancelotti menekankan situasi kali ini berbeda di mana 'rasa lapar' prestasi juga dialami semua pemain.

Drogba merespon cantik ketika diserahi ban kapten menggantikan John Terry. Operannya ke arah Ivanovic berakhir gol dan mencetak gol lewat titik penalti. “Didier saya jadikan kapten karena ia banyak mendapat tekanan ketimbang rekan setimnya. Jika John Terry atau Frank Lampard tidak di sana, ia akan menjadi kapten,” tegas Ancelotti.

Ancelotti menilai Drogba adalah penumbuh motivasi jempolan di Chelsea khususnya ketika tim tampil di Liga Champions. “Namun semuanya di tim mempunyai motivasi seperti ini,” jelasnya.

Pelatih Italia itu menekankan tekadnya untuk membawa Chelsea tampil di Wembley. “Ada banyak alasan untuk ini. Laga final akan digelar di London dan belum ada tim London yang pernah memenangkan Liga Champions,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar